Gusti Kinanti Al Khansa

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Yuk Membuat Rancang Bangun Geometri

Yuk Membuat Rancang Bangun Geometri

Lingkaran , segitiga dan persegi

Rancang bangun geometri

Transportasi laut selamat bekreasi

Ku membuatnya dengan senang hati

Angin yang berhembus menyentuh wajah begitu lembut, membuat wajahku seperti sedang di elus – elus penuh kasih sayang. Begitu ku melihat jam di meja belajar menunjukan pukul 06.00. Ibuku memperlihatkan tugas di google classroom kepadaku.

“ bu ini ada senam, ayo kita senam “

kemudian aku menggambil sepatuku dan mahkotaku yang berbentuk ikan . Ku pakai dan ku mulai berlenggak – lenggok dan loncat mengikuti musik senam dengan ceria. Sambi lku teriak eeeeeee aaaaaaaaaaaaa. Kemudian berlanjut menyanyikan lagu Mars Al – Ya’lu dengan versi bilingual.

Lumayan berkeringat, badan menjadi terasa segar dan nyaman. Kulihat ibuku mendownload dan mengeprint semua tugas hari ini di google clasroom.

“ sudah selesai nan , ayo kita mulai sekolahnya“ kata ibuku

Setiap sekolah di mulai Ibuku berubah menjadi presiden di rumahku. Yang membuat jadwal dan mengoreksi semua kegiatan sekolahku. Tak pernah ketinggalan seharipun Berdoa sebelum memulai dan setelah mengerjakan tugas sekolah sesuai urutan.

“ sekarang hafalan surat pendeknya surat Al – Qaari’ah ya nan “ seru ibuku padaku

“ okey kinan sudah hafal kok ada 11 ayat artinya Hari Kiamat “ jawabku

Ku hafalan di depan ibuku, setelah selesai opppppsssss, sudah jam 08.00 ada jadwal google meet dengan Bu Susan. Kemudian aku bergegas join di kelas google meet. Sekarang tema nya tentang transportasi laut nih aku sudah baca di materi google classroom paginya.

“ Anak – anak alat transportasi laut itu ada jenis ayo siapa yang tahu? “ pertanyaan dari Bu Susan

“ Alat transportasi Tradisional dan Modern bu !!!!” jawab serentak anak –anak

“ Wah pintar, hebat... semua dapat bintang semuanya “ bu susan memuji anak – anak sambil tersenyum manis

Nah anak – anak Alat transportasi laut adalah alat transportasi pertama yg di gunakan manusia untuk bepergian dengan jarak yang jauh , terbagi menjadi dua jenis yaitu Alat Transportasi Tradisional dan Alat Transportasi Modern. Perkembangan alat transportasi bermula menggunakan perahu yang di gunakan untuk mencari ikan di sungai, pantai dan laut kemudian berkembang lagi kapal layar yang ukuranya lebih besar dari perahu menggunakan lebih dari dua layar. Dahulu, kapal digunakan oleh masyarakat untuk berlayar mencari tempat tinggal baru, atau melakukan kunjungan dari satu kerajaan ke kerajaan lain.

Apakah teman-teman pernah mendengar nama Kapal Pinisi? Pinisi adalah kapal layar asli dari Indonesia lho...Namun, sekarang sudah ada banyak perahu yang menggunakan mesin dan tidak lagi digerakkan dengan tenaga manusia.

“ Nah sekarang Alat Transportasi moderen siapa yang tahu” tanya Bu susan lagi

“ Alat transportasi yang menggunakan mesin Bu “ jawabku

“ Alat transportasi yang yang tidak menggunakan tenaga manusia Bu “ jawab Amira

“ iya betul sekali, pintar semua “ seru Bu susan sambil melebarkan senyumnya

Yang termasuk Alat Transportasi Modern ada Kapal Feri itu kapal penumpang yang di gunakan untuk membawa penumpang menyeberang dari satu pulau ke pulau lainya dan masih banyak lainya ada Kapal Pesiar, kapal selam, kapal perang.

“ Nah sekarang tugas anak – anak di rumah membuat rancang bangun dari potongan – potongan kertas geometri, seperti segitiga, persegi, lingkaran, trapesium, segi enam dan bangun datar lainya. Anak – anak boleh berkreasi sesuka hati “

“ okeyyy seru kan “ kata Bu Susan

Aku mau membuat Kapal selam Bu ? “ teriak Angga

“ Kalau Aku Kapal Perang Bu Susan “ rumi menjawab sambil tertawa

“ Iya Boleh kalau mau membuat semua kapal juga boleh yang kalian suka “ seru Bu Susan.

Setelah google meet selesai aku memikirkan ide dan melihat – lihat ada bahan apa aja di rumah yang bisa aku pakai. Aku lihat ada kertas karton besar, dan macam – macam kertas warna warni serta origami. Kusiapkan cat air dan krayon juga. Sebelum aku menempel potongan kertas berbentuk geometri , aku menggambar terlebih dahulu di karton bentuk kapal yang akan aku buat ehmmmmm...... Aku punya ide? Ku gambar kapal pesiar dan kapal perang dari bentuk geometri trapesium untuk kapalnya , jajaran genjang untuk bagian atas kapal, lingkaran untuk kaca jendela kapal, persegi panjang untuk membuat bendera dan persegi untuk jendela atas kapal.

Kemudian aku membuat kapal nelayan dari bentuk geometri trapesium, segitiga, dan setengah lingkaran untuk kepala nelayan. Kemudian kapal selam ini ku buat dari bentuk geometri oval besar untuk badan kapal lingkaran besar untuk kaca jendela kemudin aku variasi dengan lingkaran kecil, persegi untuk ruang atas kapal persegi panjang untuk bendera Indonesia.

Selain aku membuat kapal aku juga membuat paus dan hiu raksasa yang baik hati dari bentuk geometri oval besar dan segitiga, namanya megalodon yang sedang berenang di Laut Indonesia dengan membawa bendera Indonesia. Kuwarnai dengan suasana biru yang sejuk pesona Laut Indonesia yang terlihat sejuk. Damai dengan senyuman sinar matahari berkacamata di ujung laut dengan memancarkan sinar kuning yang begitu hangat. Kupercikkan cat putih di di bagian langit seolah olah langit tampak kerlap kerlip titik – titik bagaikan indahnya bintang di atas langit yang tampak dari kejauhan.

Ya Itulah pesona Laut Indonesiaku, air asin yang segar nan biru, ombak yang menari berirama, indahmu mempesona hati, suara ombak yang bernyanyi bersama ikan – ikan. Laut tersayang, terimakasih telah membuat kami merasa kecil, rendah hati, terinspirasi dan bersyukur bisa menikmati beberapa ikan yang bersarang di tempatmu.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Bergabung bersama komunitas Siswa Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali