Gusti Kinanti Al Khansa

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
Jiwa Muda Suka Berkarya

Jiwa Muda Suka Berkarya

Jiwa Muda Suka Berkarya

Satu dua tiga dan empat

Pramuka itu hemat cermat

Ambil korek pasanglah lilin

Pramuka selalu dispilin

Pasti tak asing lagi pantun pramuka di atas yang sering dinyanyikan saat kegiatan pramuka, Yach Pantun ciptaan Bapak AT. Mahmud Pramuka merupakan singkatan dari Praja Muda Karana, yang memiliki arti Jiwa Muda yang Suka Berkarya. Yang muda yang berkarya supaya di kemudian hari mampu memiliki mahakarya.

Saat ini usiaku 7 tahun bergabung dengan Pramuka Siaga yang di bimbing oleh Bunda Cristin di sekolahku. Dalam Pramuka mengajarkan kedisiplinan, keteguhan, kepemimpinan, kesetiakawanan, dan cinta Tanah Air. Anak-anak Pramuka juga dikenal penuh semangat.

Saat Pandemi, Pramuka tak gentar untuk mampu berkarya menghasilkan sesuatu yang bermanfaat, memunculkan kreativitas di masa pandemi melalui teknologi dengan semangat yang tinggi. Dengan berbagai macam aktifitas daring yang kutemui. sangat seru sekali mulai menyanyi sampai tali temali. Tak hanya itu pramuka mempunyai segudang pengalaman ilmu, mengajarkan sopan santun, tutur kata yang baik dengan sikap disiplin, kupelajari juga kode kehormatan bagi seorang pramuka siaga yaitu Dwi Satya dan Dwi Darma.

Meskipun ku baru mengenal lambang pramuka, buah kelapa yang baru tumbuh, memiliki akar menancap kuat. Sama seperti semangatku yang kuat, berlatih mendapatkan Ide karya yang luas, supaya tidak menjadi generasi seperti air diatas daun talas yang mudah goyang kekanan dan kekiri tidak tegas. Ada tunas yang tumbuh ke atas, pramuka harus mengejar mimpi setinggi langit. Pramuka harus mengobarkan bendera semangat berkarya membuat hasta karya.

sekarang waktunya membangkitkan gerakan pramuka di zaman teknologi. Pramuka juga harus mampu memunculkan kreativitas. Kegiatan sederhana yang melatih kemandirian pun kudapatkan dengan memakai pakaian rapi, menjaga kebersihan diri, melipat selimut dan merapikan tempat tidur secara mandiri bahkan menulis rapi nama perangkat pemerintahan di lingkunganku. Tak terasa aku sudah belajar mengenal nama Rt, Rw, Lurah sampai Camat yang selama ini belum aku kenal.

Kenangan termanis yang tak akan terlupa, saat belajar baris berbaris secara virtual pun sungguh asik, berdiri tegap berseragam coklat muda dan coklat tua, memancarkan semangat yang bergelora. Menjadi ksatria yang pantang menyerah berkarya untuk Sekolah, Nusa dan Bangsa.

Anak pramuka punya banyak cerita

Ada suka ada duka terkadang cinta

Praja muda karana

Jiwa muda suka berkarya.

Di leher, merah putih melingkar

Wahai tunas muda

Semangat tak pernah pudar

Salam Pramuka.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Bergabung bersama komunitas Siswa Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali