Gusti Kinanti Al Khansa

Belum menuliskan informasi profilenya.

Selengkapnya
ARTI DIBALIK PUISI HARAPANKU PEMUDA INDONESIA

ARTI DIBALIK PUISI HARAPANKU PEMUDA INDONESIA

Waktu itu tepat tanggal 3 oktober, aku di perlihatkan informasi lomba menulis periode oktober 2021. Yaitu lomba mengarang puisi dengan tema

“ UNTUK INDONESIA : Sebuah Kisah, Cita – cita dan Harapan “ oleh Ibuku.

“ Kinan ada tantangan membuat puisi, berani mencoba itu keren lho” kata Ibuku

Aku mencoba membaca dan mengamati semua informasi yang ada di persyaratan lomba tersebut. Kemudian Ibuku memberiku begitu banyak cetakan materi tentang puisi, majas, sejarah Budi Utomo sampai Sumpah Pemuda.

“ Aduhhhhh banyak sekali ini materinya, membuatku semakin pusing “

sambil ku membaca dan memberi tanda, kosakata sulit dengan menggunakan stabilo. Kemudian aku merangkum dan mencari artinya di kamus KBBI. Pertama kali membaca baru lembar pertama sudah mendapat kosakata yang belum aku mengerti yahhhh itu adalah Propaganda . Kemudian aku mencari di KBBI. Entah kenapa mataku tertuju dengan tulisan biru yang terbaca tesaurus.

Ahaaaa aku kan punya Bu Guru yang bisa aku tanya...

“ Tesaurus juga tautan link kamus, Nan “

“ Yaitu makna kata sesuai kaitan maknanya. Coba nanti kinan klik ya “

“ Langsung di klik ya kinan “ begitu pesan suara Bu Firoh

“ owalah – owalah ternyata link itu alamat websitenya ya Bu Firoh, baru tahu aku “ balasan pesan suaraku

Di waktu malam itu pusingku berkeliling Bu Firoh menghiburku dengan banyak mengirim gambar yang lucu – lucu ada love, sampai gambar peluk .

“ Bu Firoh itu gambar peluknya so so so cocok banget untuk kita, karena Bu Firoh suka warna biru, kinan suka warna pink. Jadi yang baju biru Bu Firoh yang baju pink itu Kinan “

“ jadi sama – sama gendutnya “ ku kirim pesan suara sambil ketawa

“ Sepanjang gerbong Naaaaaan.... ketawanya “ jawab pesanya dengan stiker yang sangat panjang sepanjang gerbong.

Aku mencoba konsentrasi membaca dari berbagai sumber tentang kisah heroik Budi Utomo dan Sumpah Pemuda. Akhirnya aku menemukan judul yang aku suka.

Harapanku pemuda Indonesia yang artinya Harapan Kinan sebagai pelajar muda Indonesia

Pada tahun 1900 masyarakat Indonesia itu mengalamii penderitaan. Kemudian para Dokter jaman dulu menggerakkan para pemuda untuk memperbaiki nasib bangsa Indonesia.

Nah bait ke -2 itu pada tahun 1908. Sutomo dan kawan – kawanya dokter membuat organisasi yang namanya Budi Utomo, yang di propagandakan ke seluruh wilayah Indonesia.

Bait ke – 3, Semua para muda – mudi yang hidup pada masa Budi Utomo itu memiliki semangat yang membara, menyala seperti api, mereka bekerja keras untuk tetap membuat Nusantara Indonesia tetap bersinar.

Bait ke -4 , Pemuda Indonesia itu semangatnya bagai api yang terus berdiri tegak. Tidak pernah malas dan tak pernah lelah, tapi jadi marah kalau tidak bisa berbuat apa – apa? Untuk Indonesia. Jadi kita harus menjauhi rasa malas yang bisa membuat jiwanya mati.

Nah Kinan ingin menjadi bagian dari Negeri Indonesia. Menghindari permusuhan, pertengkaran, iri, bencikarena itu membuatku pusing. Jadi lebih baik konsentrasi untuk meraih cita – cita.

Kemudian aku terharu pada saat melihat youtube tentang janji Sumpah Pemuda yang begini bunyinya :

1. Kami putra dan putri Indonesia mengaku bertumpah darah yang satu Tanah Air Indonesia.

2. Kami putra dan putri Indonesia mengaku berbangsa yang satu Bangsa Indonesia

3. Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan Bahasa Indonesia

Nah Harapan Kinan :

Indonesia itu Negara yang beraneka ragam suku, bangsa dan budaya, ku ingin melihat Indonesia itu selalu tersenyum padaku. Jangan sampai Indonesia itu menjadi rusak, jadi harus kita jaga nama baiknya. Nah kebetulan bulan ini bulan oktober yang akan memperingati hari Sumpah Pemuda pada tanggal 28 nanti. Ayo kita semangat bulatkan tekad, bersatu bersama. Supaya Indonesia itu terus aman, sejahtera dan terus jaya.

Itulah keseruan kebersamaan bercandaku dengan Bu Guruku melalui virtual.... Seru banget pengalamanku bersamanya.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Bergabung bersama komunitas Siswa Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali